Fungsi Tali Kipas atau fan belt

Fungsi tali kipas fan belt

Tali kipas disebut juga fan belt mobil ataupun motor metik sudah sering didengar oleh pemilik kendaraan. fungsi Fan belt atau tali kipas ini sangat penting untuk poros engkol atau pun kipas dan pompa radiator.

Fungsi Tali Kipas atau fan belt


Pengertian tali kipas atau fan belt

Pengertian fan belt adalah sabuk kipas yang menghubungkan putaran poros engkol, kipas radiator, poros nok dan pompa injeksi. Dengan fan belt Semua komponen tersebut dapat bekerja bersama dengan sinkron. Sehingga engine dapat bekerja dengan sempurna.

Fungsi tali kipas atau fan belt

Fungsi tali kipas atau fan belting adalah meneruskan putaran poros engkol ke kipas radiator. Karena itu komponen ini disebut fan belt atau sabut kipas. Hal ini penting untuk mendukung sistem pendingin radiator dalam membuang panas yang dihasilkan engine.

Fan belt rusak

Fan belt rusak ciri cirinya ada bunyi mencicit bersumber dari mesin kipas radiator tidak bergerak, bahkan mesin tidak mau hidup. Sungguh masalah yang besar jika fan belt ini rusak dan mesin dipaksakan untuk hidup. Maka terjadilah overheating.

Perawatan fan belt

Perawatan fan belt atau tali kipas cukup sederhana yaitu dengan tidak mencongkel fan belt dengan benda keras, mencegah fan belt terkena oli, dan selalu melakukan pengecekan pada fan belt atau tali kipas.

Mudah-mudahan artikel fan belt ini dapat memberi anda informasi yang baik tentang tali kipas atau fan belt.